Mengenal Potensi Kawasan Konservasi Perairan, Pesisir dan Pulau-pulau Kecil di Indonesia

cover mengenal potensi 76 kkp

Isu konservasi dewasa ini telah menjadi perhatian global sekaligus menjadi isu strategis di berbagai negara tidak terkecuali di Indonesia. Dengan potensi sumberdaya yang berlimpah, Indonesia dituntut mampu mengelola sumberdaya kelautan dan perikanan secara efektif dan berkelanjutan untuk kesejahteraan masyarakat.

Konservasi sumberdaya ikan dapat didefinisikan sebagai upaya perlindungan, pelestarian, dan pemanfaatan sumberdaya ikan, termasuk ekosistem, jenis, dan genetik untuk menjamin keberadaan, ketersediaan, dan kesinambungannya dengan tetap memelihara dan meningkatkan kualitas nilai dan keanekaragaman sumberdaya ikan. Penerapan paradigma lama yang membingkai pengelolaan kawasan konservasi bersifat sentralistik dan tertutup (larangan) bagi semua pihak dalam konteks pemanfaatannya, harus jujur diakui telah berdampak kurangnya manfaat sosial ekonomi kawasan konservasi perairan bagi masyarakat. Pun pada akhirnya kurang mendapat respon positif dari masyarakat. Kini paradigma lama tersebut telah berubah sehingga upaya konservasi dapat sejalan dengan upaya pemanfaatan sumberdaya yang dilakukan secara bertanggung jawab. Kementerian Kelautan dan Perikanan melalui Direktorat konservasi Sumberdaya Ikan hadir menjawab tantangan perubahan paradigma konservasi ini.

 

Berkat kolaborasi pemerintah pusat dan daerah bersama masyarakat dalam kegiatan konservasi sumberdaya ikan, hingga saat ini kita telah melahirkan sekitar 15,78 juta hektar luasan kawasan konservasi perairan, pesisir dan pulau-pulau kecil pada tahun 2012. Pemerintah Indonesia berkomitmen menggenapkan luasan ini menjadi 20 juta hektar pada Tahun 2020. Komitmen tersebut tentunya selaras dengan komitmen bagaimana meningkatkan status pengelolaan efektif terhadap kawasan-kawasan tersebut. Pencapaian dan upaya pengelolaan Kawasan Konservasi Perairan, Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil di Indonesia, berhasil dikumpulkan dan dituangkan dalam buku ini yang berjudul “Mengenal Potensi Kawasan Konservasi Perairan, Pesisir dan Pulau-pulau Kecil di Indonesia”. Buku ini menuturkan paradigma, perkembangan dan pengelolaan konservasi, lengkap dengan profil 76 kawasan, yang terdiri dari 66 Kawasan Konservasi Perairan Daerah (KKPD) dan 10 Kawasan Konservasi Perairan Nasional (KKPN). Di dalamnya berisi dasar hukum pengelolaan, potensi sumberdaya kawasan, perkembangan pengelolaan dan informasi penting lainnya. Buku ini sejatinya merupakan seri lanjutan melengkapi dan memperbarui buku sebelumnya bertajuk “Mengenal Potensi Kawasan konservasi Perairan (Laut) Daerah” yang lebih dulu diterbitkan pada tahun 2009, Profil Kawasan Konservasi Perairan Nasional dan 42 Indonesian Marine Conservation Areas yang diterbitkan tahun 2010.

Kehadiran buku ini diharapkan dapat memberikan informasi yang utuh dalam menyajikan kekayaan sumberdaya hayati di wilayah perairan, pesisir dan pulau-pulau kecil sekaligus menjadi pembelajaran dalam pengembangan kawasan konservasi di masa yang akan datang.

Saya mengucapkan puji syukur kepada Allah SWT atas penerbitan buku ini. Apresiasi yang tinggi juga disampaikan kepada semua pihak atas upaya kerasnya membantu penyusunan buku ini.

Mengenal Potensi Kawasan Konservasi Perairan, Pesisir dan Pulau-pulau Kecil

 

Semoga bermanfaat.

Direktur Konservasi Kawasan dan Jenis Ikan.

5638620
Today
Yesterday
This Week
This Month
Last Month
Alldays
399
11220
20606
102707
157961
5638620

Your IP: 54.198.221.13
Server Time: 2017-11-22 02:04:50

 

Direktorat Konservasi Kawasan dan Jenis Ikan

Direktorat Jenderal Kelautan Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil

Kementerian Kelautan dan Perikanan

________________________________________________________________

 

Gedung Mina Bahari III, Lantai 10

Jl. Medan Merdeka Timur, Nomor 16

Jakarta 10110, Kotak Pos 4130

Telepon : (021) 3522045, Ext. 6104,

Faksimile : (021) 3522045

Email : info.kkji@gmail.com