KKP dan SEAFDEC gelar CITES Non-Detriment Findings (NDFs) Workshop di Jakarta

Kementerian kelautan dan perikanan, dalam hal ini direktorat konservasi dan keanekaragaman hayati laut (KKHL), Ditjen PRL dan Pusat Penelitian dan Pengembagan Perikanan, BalitbangKP menggelar Workshop CITES Non-Detriment Findings (NDFs) Workshop di Kantor KKP pada tanggal 26-27 Juli 2016. Workshop ini merupakan agenda tindaklanjut pertemuan SEAFDEC sebelumnya dan berdasarkan surat dari SEAFDEC SCI300616 tanggal 30 Juni 2016 lalu.

Pertemuan ini bertujuan untuk menyiapkan dokumen NDF untuk spesies hiu dan pari yang telah masuk dalam daftar appendix 2 CITES. Workshop ini juga menjadi forum bagi seluruh negara anggota SEAFDEC dalam mengumpulkan informasi terkait CITES Species NDFs, dimana masing-masing perwakilan negara akan melakukan paparan terkait hal tersebut. Selanjutnya, hasil workshop ini akan menjadi bagian dari informasi pendukung terhadap kegiatan "sharks data collection" yang telah dilakukan selama satu tahun periode 2015-2016 oleh Indonesia dengan lokasi landing site di cilacap dan aceh, sekaligus memformulasikan suatu rekomendasi terkait pengelolaan dan pendataan Sharks NDFs yang lebih baik bagi seluruh negara anggota SEAFDEC.

workshop ndf

 

Hari pertama (26 juli), agenda diawali dengan welcome address dari Direktur KKHL, yang diwakili oleh Kasubdit Kemitraan dan Sarana dan Prasarana Konservasi (Dr. Firdaus Agung), dilanjutkan Opening Speech dari SEAFDEC (Dr. Kaoru Ishii) dan Introduction to the Workshop oleh Dr. Worawit Wanchana. Acara dilanjutkan dengan rangkaian presentasi. Presentasi NPOA Indonesia disampaikan oleh Kasi Pelestarian Keanekaragaman Hayati (Suraji) mewakili Kasubdit Perlindungan dan Pelestarian Keanekaragaman Hayati (Syamsul Bahri Lubis). unduh bahan Presentasi NPOA Shark and ray – dk (Workshop NDF). Dilanjutkan presentasi Status of Data Collection of Shark and Ray Landing at Cilacap and Lampulo Fishing ports oleh Peneliti Puslitbangkan (Dharmadi)

 

workshop ndf1

setelah foto bersama dan rehat kopi, dilanjutkan presentasi Research Finding on Status of Sharks and Rays Resources and Biodiversity in Indonesia oleh peneliti LIPI (Fahmi). dilanjutkan pembelajaran. presentasi introduction to CITES Sharks and rays NDFs (Germany) oleh Dr. Ahmad Ali, acara berlangsung hingga istirahat sholat dan makan siang. setelah makan siang, dua pembelajaran lainnya yakni presentasi introduction to CITES Sharks and rays NDFs (Japan) oleh Dr Kaoru Ishii dan presentasi introduction to CITES Sharks and rays NDFs (Australia) oleh Dr. Worawit Wanchana.

Agenda hari pertama dilengkapi dengan pembelajaran dari Indonesia, yakni NDF for scalloped Hammerhead Shark (Sphyrna lewini) yang disampaikan oleh Peneliti LIPI (Fahmi) dan NDF Preparation for Mobula spp. oleh Peneliti Puslitbangkan (Dharmadi).

Hari kedua (27 Juli 2016) esok, diisi dengan diskusi, peserta dibagi menjadi dua kelompok untuk mendiskusikan berbagai issue, temuan dan memberikan rekomendasi. diskusi kelompok 1 membahas Sphyrna lewini akan dipimpin oleh Dr. Worawit Wancana, sedangkan diskusi kelompok 2 membahas mobula ray akan dipimpin oleh Dr. Ahmad Ali.

Tahapan diskusi antara lain. mengevaluasi kondisi ancaman kelangkaan secara biologis dan upaya konservasinya, mengevaluasi tekanan terhadap spesies, mengevaluasi kondisi pengelolaan yang ada, dan menyiapkan NDF serta rekomendasinya.

cover npoa

 

You have no rights to post comments

5352258
Today
Yesterday
This Week
This Month
Last Month
Alldays
3494
4771
8265
77868
96937
5352258

Your IP: 54.162.218.214
Server Time: 2017-09-25 22:23:43

 

Direktorat Konservasi Kawasan dan Jenis Ikan

Direktorat Jenderal Kelautan Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil

Kementerian Kelautan dan Perikanan

________________________________________________________________

 

Gedung Mina Bahari III, Lantai 10

Jl. Medan Merdeka Timur, Nomor 16

Jakarta 10110, Kotak Pos 4130

Telepon : (021) 3522045, Ext. 6104,

Faksimile : (021) 3522045

Email : info.kkji@gmail.com