Selamatkan Laut Jakarta, Menteri Kelautan dan Perikanan Gandeng Pemprov DKI

meeting lesser sunda Jakarta, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mengajak Pemprov DKI untuk menyelematkan sumber daya alam (SDA) di laut Jakarta. Menurutnya akan percuma memberikan subsidi kepada nelayan tradisional Jakarta jika lautnya tercemar dan terjadi pencurian ikan.

 

 Kita ingin memperbaiki perizinan, kepemilikan dan akan membuat MoU dengan perpajakan, dengan semuanya. PPATK sudah, TNI AL sudah, jadi kita mau bergerak, semua instansi bersama untuk bisa memberikan sebanyak-banyaknya pengelolaan SDA. Ini keuntungan masyarakat," kata Susi.

 

Susi menyampaikan hal ini usai acara Gerakan Nasional Penyelematan SDA Indonesia sektor Kelautan di Balai Kota DKI, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Selasa (21/4/2015). Turut hadir dalam acara ini Wagub DKI Djarot S Hidayat dan perwakilan KPK.

 

Susi pun menyebutkan adanya perjanjian khusus antara Kementerian Kelautan dan Perikanan dengan Pemprov DKI dan Pemprov Banten, Bengkulu serta Lampung. Keinginan Susi dari perjanjian itu cuma satu, yakni memberikan manfaat sepenuhnya kepada nelayan Indonesia.

 

"Oh ya tentu, dengan semua pemerintah daerah. Kita kan memang ada MoU tentang perbaikan pengelolaan SDA, terutama kelautan karena selama ini laut yang luas ini tidak memberikan manfaat untuk nelayan kita," ujar Susi.

 

Jadi kita mencegah jangan sampai kejadian-kejadian illegal fishing di mana-mana, kemudian ya akhirnya nelayan tradisional yang dirugikan. Intinya itu aja (acara) tadi," tambahnya.Lalu apa keuntungan untuk Pemprov DKI? "Dengan Pemprov DKI, Pak Wagub bilang ada proyek perumahan nelayan," jawab Susi.

 

Sementara itu, Susi sempat memberikan sambutan dengan menyinggung persoalan reklamasi pantai. Menurutnya, reklamasi pantai harus dilakukan dengan teliti menimbang pada dampak ekosistem dan ‎perizinan.Semestinya reklamasi di-postpone dulu. Kalau perizinan nanti dipelajari mendalam. Tapi prinsip-prinsip lingkungan yang akan saya pegang teguh, dan akan mendasari semua keputusan saya soal lingkungan," ucap Susi dalam sambutannya.

Kita tidak boleh mengubah ekosistem dan menjaga air punya tempat yang cukup. Kalau tidak nanti Jakarta banjir terus. Illegal fishing persoalan besar, kita kasih nelayan kita BBM, alat pancing, kapal dan lainnya tapi kalau tidak ada ikannya ya percuma," tambahnya

 

Prins David Saut - detikNews

You have no rights to post comments

5242874
Today
Yesterday
This Week
This Month
Last Month
Alldays
104
3288
6496
65421
102644
5242874

Your IP: 54.198.235.165
Server Time: 2017-08-22 00:35:15

 

Direktorat Konservasi Kawasan dan Jenis Ikan

Direktorat Jenderal Kelautan Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil

Kementerian Kelautan dan Perikanan

________________________________________________________________

 

Gedung Mina Bahari III, Lantai 10

Jl. Medan Merdeka Timur, Nomor 16

Jakarta 10110, Kotak Pos 4130

Telepon : (021) 3522045, Ext. 6104,

Faksimile : (021) 3522045

Email : info.kkji@gmail.com