Menyentuh Keindahan Raja Ampat (The second edition of Beautiful Raja Ampat)

Raja Ampat 5Pengelolaan sumberdaya kelautan dan perikanan yang berkelanjutan tidak akan pernah terlepas dari fungsi konservasinya. Bahkan konservasi telah diyakini sebagai upaya penting yang mampu menyelamatkan potensi sumberdaya tetap tersedia dalam mewujudkan perikehidupan lestari yang menyejahterakan. Pengelolaan secara efektif kawasan konservasi perairan, pesisir dan pulau-pulau kecil sejalan dengan prinsip-prinsip ekonomi biru mampu memberikan jaminan dalam efisiensi pemanfaatan sumberdaya alam, sebagai sumber yang efektif menyokong pemanfaatan lain secara ramah lingkungan, serta dapat menumbuhkan keuntungan ekonomi bagi masyarakat lokal. Konservasi telah menjadi tuntutan dan kebutuhan yang harus dipenuhi sebagai harmonisasi atas kebutuhan ekonomi masyarakat dan keinginan untuk terus melestarikan sumberdaya yang ada bagi masa depan.

Konservasi dalam pembangunan kelautan dan perikanan lima tahun kedepan dipastikan menjadi agenda utama dan tetap menjadi prioritas sebagai penyeimbang kebutuhan ekonomi dan kelestarian lingkungan. Perjalanan konservasi mengalami metamorfosa dari dua dekade terdahulu, paradigma desentraliasasi dan sistem zonasi dalam pengelolaan itu berkembang, kini perjalanan konservasi telah memasuki era baru pengelolaan dengan tetap mengukuhkan pilar-pilar perlindungan, pelestarian dan pemanfaatan berkelanjutan yang memberi manfaat keekonomian pendorong kesejahteraan masyarakat secara simultan dengan tetap mempertahankan kelestarian lingkungan yang berkelanjutan, pola-pola pengelolaan kawasan konservasi juga telah melembaga dengan prinsip-prinsip pengelolaan bersama (co-management) yang baik. Efektivitas pengelolaan menjadi kunci utama keberhasilan sebuah pengelolaan yang menjadi penggerak indikator utama keberhasilan pembangunan berkelanjutan. Pengelolaan efektif berdasarkan sistem zonasi dapat dilakukan melalui berbagai upaya pengelolaan sumberdaya kawasan maupun pengelolaan sosial budaya dan ekonomi yang keduanya memberikan umpan balik terhadap penguatan kelembagaan dan tatakelola kawasan konservasi yang mensejahterakan masyarakat.

 

Buku “Menyentuh Keindahan Raja Ampat” ini merupakan edisi ke-dua dari buku “Beautiful Raja Ampat”. Sebagai bagian replikasi dari buku sebelumnya buku ini tidak seluruhnya sama, namun tetap secara apik menyajikan potensi wisata bahari di Kabupaten Raja Ampat yang merupakan salah satu lokasi program Konservasi kawasan dan Jenis Ikan, diantaranya melalui COREMAP II dan COREMAP-CTI. Sebagian upaya konservasi yang dilakukan dalam menyentuh keindahan surga arsitektur karunia yang Maha Kuasa di kawasan Raja Ampat kami sajikan untuk memperkaya isi buku dan menambah wawasan informasi pembaca. Semoga, ulasan singkat buku ini mampu memberikan gambaran dalam mengelola konservasi guna melindungi, melestarikan dan memanfaatkan secara berkelanjutan karunia keindahan bentang alam, terumbu karang beserta potensi wisata bahari di Raja Ampat.

Puji Syukur kehadirat Allah Subhanallahu Wata’ala kami haturkan atas terbitnya buku edisi ke-dua ini. Saya sampaikan apresiasi kepada tim penyusun dan semua pihak yang telah membantu menyelesaikan buku ini, juga ucapan selamat dan sukses atas penyelenggaraan Sail Raja Ampat 2014. Semoga buku ini senantiasa memberi inspirasi yang menumbuhkan semangat untuk ikut serta dalam upaya konservasi perairan, pesisir dan pulau-pulau kecil yang mampu memberikan manfaat bagi sebesar-besarnya kesejahteraan masyarakat generasi sekarang dan yang akan datang.

 

Konservasi untuk kesejahteraan

Pak AD

 

Agus Dermawan
Direktur Konservasi Kawasan dan Jenis Ikan
 
 
 
 
 
 

 

You have no rights to post comments

8626975
Today
Yesterday
This Week
This Month
Last Month
Alldays
2694
5865
38620
38620
153895
8626975

Your IP: 3.231.229.89
Server Time: 2019-12-07 13:36:38

 

Direktorat Konservasi dan Keanekaragaman Hayati Laut

Direktorat Jenderal Pengelolaan Ruang Laut

Kementerian Kelautan dan Perikanan

________________________________________________________________

 

Gedung Mina Bahari III, Lantai 10

Jl. Medan Merdeka Timur, Nomor 16

Jakarta 10110, Kotak Pos 4130

Telepon : (021) 3522045, Ext. 6104,

Faksimile : (021) 3522045

Email : info.kkji@gmail.com