Coral Triangle Day : Kolaborasi Nyata KKP dengan Lembaga Non Pemerintah

Terumbu karang adalah sumber daya hayati laut yang memiliki peranan sangat penting dalam menjaga kestabilan ekosistem, khususnya di laut dan lebih besar lagi ekosistem di muka bumi. Wilayah yang mempunyai luasan terumbu karang cukup luas dan kondisinya relatif masih bagus adalah di wilayah segitiga karang dengan luas 6 juta Ha. Segitiga karang yang memiliki lebih dari 500 jenis karang dan 3.000 spesies ikan karang serta berbagai macam jenis ikan penting di dunia. Wilayah ini meliputi 6 (enam) negara, yaitu : Indonesia, Malaysia, Papua Nugini, Filipina, Kepulauan Solomon dan Timor Leste. Keenam negara tersebut bekerja sama dalam wadah Coral Triangle Initiative (CTI).

Lebih dari 120 juta manusia menggantungkan hidupnya dari laut di wilayah segitiga karang, baik dari sektor perikanan maupun pariwisata sehingga keberadaan dan kelestarian terumbu karang di wilayah tersebut harus terus dijaga. Terutama dari kegiatan-kegiatan yang bersifat merusak, seperti: penangkapan ikan dengan menggunakan bahan-bahan terlarang, penangkapan ikan secara berlebihan, pembangunan wilayah pesisir yang asal-asalan, dll.

Peran aktif dalam menjaga wilayah segitiga karang tidak hanya dilakukan oleh pemerintah, tetapi harus dilakukan oleh semua pemangku kepentingan, baik pihak swasta, lembaga non pemerintah maupun masyarakat. Acara Coral Triangle Day merupakan inisiatif dari kelompok pemuda Eka Canthi Kedonganan dan masyarakat Bali lainnya yang didukung oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan dan World Wild Fund (WWF). Kegiatan ini diperuntukkan bagi semua lapisan masyarakat dengan tujuan memberdayakan potensi yang ada dalam masyarakat untuk menjaga dan melestarikan sumber daya hayati laut. Coral Triangle Day akan dilaksanakan pada tanggal 9 juni 2012 bertempat di Kabupaten Badung Bali.

Guna menggaungkan dan mensosialisasikan ke masyarakat tentang pentingnya kegiatan tersebut, pada hari kamis tanggal 7 Juni 2012 diadakan konferensi pers di Anomali Coffe, Setia Budi One Level Kuningan Jakarta. Kami mengapresiasi acaraCoral Triangle Day, karena acara ini merupakan salah satu bentuk kepedulian lembaga non pemerintah dalam mendukung kebijakan pemerintah serta yang penting meningkatkan peran serta masyarakat dalam menjaga dan melestarikan ekosistem terumbu karang.

Pada acara Coral Triangle Day tanggal 9 Juni 2012 nanti akan dilakukan berbagai kegiatan yang mengikutkan seluruh lapisan masyarakat, seperti: pelajar, pemuda, lembaga swadaya masyarakat, aparat pemerintah, dll. Kegiatan yang diselenggarakan di dua lokasi yaitu Pantai Kedonganan, Jimbaran dan Pantai Samuh, Nusa Dua.Beberapa kegiatan antara lain : Bersih Pantai, Seafood Cooking Contest, Mural Painting Competition, Coral Triangle Day Festival, pelepasan tukik, eco friendly seafood dinner, under water clean up, penandatangan patung terumbu, penandatanganan prasasti peresmian kantor BPSPL dan Dialog.

Pada waktu bersamaan juga dilakukan kegiatan seperti tersebut di atas di beberapa negara, seperti: Australia, Solomon Island, Philippina dan Malaysia. Sedangkan di Indonesia kegiatan dilakukan di beberapa lokasi, seperti: Lombok, Sorong, Raja Ampat, Sumatera Utara, dan Labuhan Bajo

Anda tidak memiliki akses untuk komentar artikel. Silakan login untuk memberi komentar ...

8240239
Hari ini
Kemarin
Minggu ini
Bulan ini
Bulan lalu
Total
2167
4813
2167
112948
150103
8240239

IP Anda: 100.26.182.28
Waktu Server: 2019-09-22 11:25:47

 

Direktorat Konservasi dan Keanekaragaman Hayati Laut

Direktorat Jenderal Pengelolaan Ruang Laut

Kementerian Kelautan dan Perikanan

________________________________________________________________

 

Gedung Mina Bahari III, Lantai 10

Jl. Medan Merdeka Timur, Nomor 16

Jakarta 10110, Kotak Pos 4130

Telepon : (021) 3522045, Ext. 6104,

Faksimile : (021) 3522045

Email : info.kkji@gmail.com