INDONESIA BERBAGI PENGALAMAN DALAM MERESPON FENOMENA PEMUTIHAN KARANG


ws cbManado (29/06/2016
Indonesia berbagi pengalaman dalam merespon fenomena pemutihan karang kepada delegasi negara anggota United Nations Environment Programme (UNEP) yang hadir dalam side event yang berjudul “coral bleaching: challenges and roadmap to address the phenomenon”. Side event coral bleaching mengambil tempat di Ruang Theatre, Gedung the Coral Triangle Information and Learning Center (CTI-LC), dilaksanakan pada tanggal 29 Juni 2016 di sela-sela pertemuan konsultasi implementasi resolusi pengelolaan berkelanjutan terumbu karang, di Manado, Sulawesi Utara.

 

Delegasi negara anggota UNEP yang hadir dalam side event coral bleaching adalah delegasi dari negara Filipina, Malaysia, Barbados, Eritrea, Myanmar, Fiji, Maladewa, Tonga, Seychelles serta Grenada. Selain para delegasi, side event juga dihadiri oleh perwakilan beberapa organisasi internasional, LSM lingkungan, dan insitusi pemerintah seperti Sekretariat Regional CTI-CFF, TNC, CTC, Kementerian Koordinator Maritim, dan Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sulawesi Utara.

Side event yang penyelenggaraannya merupakan kerjasama dari Direktorat Jenderal Pengelolaan Ruang Laut dan Badan Penelitian dan Pengengembangan Kelautan dan Perikanan (Balitbang KP) ini dibuka oleh Jerker Tamelander, Head of Coral Reef Unit, UNEP-Bangkok. Sedangkan yang menjadi pembicara adalah Dr. Firdaus Agung, Kasubdit Kemitraan dan Prasarana Konservasi, Dit.KKHL, yang menyampaikan paparan tentang jejaring pemantuan pemutihan karang di Indonesia termasuk beberapa upaya pemantauan dan merespon kejadian pemutihan karang yang telah dilakukan oleh Indonesia melalui Ditjen PRL, Kementerian Kelautan dan Perikanan dan berkolaborasi dengan Pusat Penelitian Oseanografi LIPI, Balitbang KP, dan mitra LSM konservasi.

Side event coral bleaching yang dimoderatori oleh Yoshi Iskandar, Minister Counsellor, Kedutaan Besar Republik Indonesia-Nairobi juga menghadirkan beberapa pembicara yaitu: Dr. Novi Susetyo Adi (Balitbang KP), Dr. Anastasia Kuswardani (Balitbang KP), Dr. Ofri Johan, dan Dr. Saleh Nugrahadi (Kementerian Koordinator Maritim) yang berturut-turut menyampaikan paparan mengenai: pengembangan sistem pemantauan pemutihan karang dan blooming alga Indonesia; upaya untuk meningkatkan riset pemutihan karang di Indonesia; observasi in situ kejadian pemutihan karang di Indonesia; dan inisiasi pembuatan taman terumbu karang Indonesia. (FA/HYD).


 

Sumber:

Subdit Kemitraan dan Sarana Prasarana Konservasi

Direktorat Konservasi dan Keanekaragaman Hayati Laut

Ditjen Pengelolaan Ruang Laut

Email: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. /yudittialestari@yahoo.com

P/F: 021-3522045

Penulis:

Firdaus Agung

Hadi Yoga Dewanto

 

Photo credit:

P3SDLP, Balitbang KP

 

Anda tidak memiliki akses untuk komentar artikel. Silakan login untuk memberi komentar ...

5060701
Hari ini
Kemarin
Minggu ini
Bulan ini
Bulan lalu
Total
409
3617
9280
106682
109953
5060701

IP Anda: 54.198.1.167
Waktu Server: 2017-06-27 02:07:06

 

Direktorat Konservasi Kawasan dan Jenis Ikan

Direktorat Jenderal Kelautan Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil

Kementerian Kelautan dan Perikanan

________________________________________________________________

 

Gedung Mina Bahari III, Lantai 10

Jl. Medan Merdeka Timur, Nomor 16

Jakarta 10110, Kotak Pos 4130

Telepon : (021) 3522045, Ext. 6104,

Faksimile : (021) 3522045

Email : info.kkji@gmail.com