Peluncuran Situs Web Konservasi Kawasan dan Jenis Ikan Berbasis Sistem Informasi Geografis

launching sigSurabaya, Pada acara side event KONAS IX Pesisir, Lautan dan Pulau-Pulau Kecil yang diselenggarakan oleh Direktorat Konservasi Kawasan dan Jenis Ikan (KKJI), Bertempat di Hotel J. W Marriot, Surabaya, (21/11/2014). Staf ahli Menteri Kelautan dan Perikanan Bidang Kebijakan Publik, Prof. Dr. Amran, melaunching Situs Web Konservasi Kawasan dan Jenis Ikan berbasis Sistem Informasi Geografis. Acara dihadiri oleh Direktur Konservasi Kawasan dan Jenis Ikan, Agus Dermawan, Bupati Lembata, Eliaser Yentji Sunur serta tamu undangan dari perwakilan Kementerian/lembaga dan Dinas Kelautan dan Perikanan.
Prof. Dr. Amran dalam sambutannya menyampaikan Menteri Kelautan dan Perikanan telah mengarahkan agar setiap upaya pengelolaan sumber daya perikanan menggunakan prinsip transparansi, pro bisnis dan kolaborasi. Terkait dengan hal tersebut Prof. Dr. Amran juga mengemukakan salah satu cara dalam mengplikasikan prinsip tranparansi dalam mengembangakan dan pengelolaan kawasan konservasi perairan, laut, pesisir dan pulau-pulau kecil adalah ketersediaan data dan informasi konservasi kawasan dan jenis ikan yang mudah diakses secara online dan dimonitor secara luas oleh publik.
Lebih lanjut disampaikan oleh Prof. Dr. Amran upaya dalam pengelolaan dan pengembangan data dan informasi yang mudah diakases telah dilakukan oleh Direktorat Konservasi Kawasan dan Jenis Ikan (Dit KKJI) melalui subdit jejaring, data dan informasi konservasi sejak tahun 2011 Direktorat KKJI bekerjasama dengan mitra The Natura Conservancy (TNC) serta dukungan dari Marine Protected Areas Governance (MPAG) telah mampu memanfaatkan teknologi informasi untuk membangun situs web data dan informasi konservasi kawasan dan jenis ikan, yang saat ini sudah dikembangkan berbasis Sistem Informasi Geografis (SIG).
Adapun tujuan pengembangan Situs web Data dan Informasi Konservasi berbasis SIG untuk memudahkan stakeholder dan maysarakat bisa lebih mudah mengakses data-data sebaran kawasan konservasi perairan (KKP) laut di Indonesia dan sebaran jenis-jenis ikan yang dilindungi berbasis keruangan atau peta, selain itu dengan situs web berbasis SIG yang dikembangkan oleh Dit KKJI stakeholder dan masyarakat dengan cepat dapat menganalisa potensi KKP dan calon KKP yang akan dicadangkan maupun ditetapkan, dan yang paling penting dari kegiatan ini adalah mendukung kebijakan pemerintah sesuai dengan Undang-undang No.4 Tahun 2011 tentang Informasi Geospasial, karena data-data yang sudah tersedia bisa di integrasikan dengan sistem one map policy hal ini diungkapkan Dr. Ahsanal Kasasiah selaku Kasubdit Jejaring Data dan Informasi Konservasi, Dit KKJI.

Anda tidak memiliki akses untuk komentar artikel. Silakan login untuk memberi komentar ...

8206731
Hari ini
Kemarin
Minggu ini
Bulan ini
Bulan lalu
Total
480
4859
5339
79440
150103
8206731

IP Anda: 34.226.234.20
Waktu Server: 2019-09-16 01:23:17

 

Direktorat Konservasi dan Keanekaragaman Hayati Laut

Direktorat Jenderal Pengelolaan Ruang Laut

Kementerian Kelautan dan Perikanan

________________________________________________________________

 

Gedung Mina Bahari III, Lantai 10

Jl. Medan Merdeka Timur, Nomor 16

Jakarta 10110, Kotak Pos 4130

Telepon : (021) 3522045, Ext. 6104,

Faksimile : (021) 3522045

Email : info.kkji@gmail.com