Menteri Susi Kagumi SMK Perikanan Berau

Berau 1TANJUNG REDEB - Kunjungan kerja Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti ke Kabupaten Berau, Minggu (16/11) kemarin, sangat padat. Tiba di Bandar Udara Kalimarau, Menteri Susi yang didampingi dirjen dan sejumlah pejabat penting di lingkungan Kementerian Kelautan disambut Bupati Berau Makmur HAPK dan sejumlah pejabat sekitar pukul 10.00 Wita. Beristirahat beberapa menit di terminal Kalimarau, menteri melanjutkan blusukan-nya di Bumi Batiwakkal dengan menggunakan helikopter menuju Kampung Tanjung Batu, ibu kota Kecamatan Pulau Derawan, yang menjadi tempat kegiatan.

Di Tanjung Batu, Menteri telah ditunggu Wakil Bupati Ahmad Rifai, Sekkab Jonie Marhansyah dan sejumlah pejabat Pemkab Berau yang langsung menuju SMK 3. Di sekolah kejuruan kelautan dan perikanan ini, menteri mengungkapkan kekagumannya dan beberapa kali mengucapkan kata luar biasa atas trobosan Pemkab Berau yang berhasil membangun sekolah kejuruan kelautan dan perikanan di wilayah pesisir dan kepulauan ini.

Setelah mendengarkan pemaparan dari jajaran sekolah yang didirikan sejak tujuh tahun lalu ini, Menteri Susi memberikan pengarahan kepada ratusan siswa SMK. Ia pun menyampaikan jika para siswa di SMK tersebut sangat beruntung dapat menimba ilmu pada bidang kelautan dan perikanan. Ia juga menceritakan potensi perikanan yang besar dan sektor perikanan Indonesia yang saat ini belum tergarap maksimal. Di sekolah ini, Susi juga melihat berbagai produk hasil olahan perikanan dari para siswa SMK. Ia juga menerima baju batik bercorak penyu.

Dari SMK, Menteri Susi mengunjungi penampungan lobster di Kampung Tanjung Batu. Ia melihat langsung kualitas dari lobster hasil tangkapan nelayan lokal yang memiliki nilai ekonomis tinggi. Bahkan Susi juga memberikan beberapa pesan penting kepada pengelola penampungan dan nelayan, terutama untuk melindungi lobster-lobster yang bertelur sebagai indukan untuk tidak dieksploitasi.

Selanjutnya, Menteri Susi dan rombongan menuju Dermaga Tanjung Batu untuk bertemu ratusan nelayan. Dalam temu nelayan ini, Bupati Makmur HAPK menyampaikan sambutan dan laporan kondisi Kabupaten Berau secara umum dan wilayah perairan beserta potensi yang dimiliki. Makmur juga menyampaikan beberapa program yang sudah dilakukan dan harus segera dilakukan serta dukungan untuk ditindaklanjuti Kementerian Kelautan dan Perikanan. Seperti penghapusan retribusi untuk kapal-kapal nelayan 10 GT ke bawah. Serta usulan mengalihkan pengelolaan pulau-pulau konservasi. "Kami menilai pulau-pulau ini lebih tepat dikelola Kementerian Kelautan dan Perikanan," ungkap Makmur.

Dalam kesempatan itu, Menteri Susi mendengarkan curhatan dari para nelayan yang juga menyampaikan beberapa usulan dalam upaya peningkatan kesejahteraan nelayan. Tidak hanya nelayan, namun para istri nelayan yang tergabung di Minawati Barintak juga menyampaikan usulan dan langsung direspons. Untuk mendorong kegiatan industri kecil para keluarga nelayan, menteri Susi bahkan memberikan bantuan langsung secara pribadi senilai Rp 100 juta.

Dalam acara itu, Menteri Susi memberikan bantuan pengembangan usaha mina pedesaan serta bantuan kapal dengan total bantuan lebih dari Rp 3,5 miliar, serta menyerahkan kartu nelayan. "Kewenangan untuk nelayan kecil ini ada pada pemerintah daerah. Kami menyampaikan terima kasih atas apa yang telah dilakukan Pemkab Berau," kata Susi.

Tidak hanya sampai di Tanjung Batu, bos dari maskapai Susi Air ini juga mengunjungi Pulau Maratua yang merupakan pulau terluar di Bumi Batiwakkal. Di Maratua, Susi meninjau landasan pacu yang dibangun Pemkab Berau bersama Pemprov Kaltim dan didukung pemerintah pusat.

Selain itu Menteri juga mengunjungi Pulau Kakaban dan menikmati keindahan danau dengan jutaan ubur-ubur tidak menyengat. Menteri juga melihat secara langsung Pulau Sangalaki yang saat ini dikelola BKSDA dan selanjutnya mengunjungi dan menginap di Pulau Maratua. (hms4/er)

sumber: www.kaltimpost.co.id

Anda tidak memiliki akses untuk komentar artikel. Silakan login untuk memberi komentar ...

8515873
Hari ini
Kemarin
Minggu ini
Bulan ini
Bulan lalu
Total
1852
4741
1852
81413
151817
8515873

IP Anda: 35.173.234.140
Waktu Server: 2019-11-17 08:56:06

 

Direktorat Konservasi dan Keanekaragaman Hayati Laut

Direktorat Jenderal Pengelolaan Ruang Laut

Kementerian Kelautan dan Perikanan

________________________________________________________________

 

Gedung Mina Bahari III, Lantai 10

Jl. Medan Merdeka Timur, Nomor 16

Jakarta 10110, Kotak Pos 4130

Telepon : (021) 3522045, Ext. 6104,

Faksimile : (021) 3522045

Email : info.kkji@gmail.com