Penamaman Mangrove dan Cemara di Kawasan Konservasi Perairan Kab. Batang

Pada kamis tangal 6 September 2012 dilaksanakan penamaman 8 ribu bibit pohon mangrove dan 2 ribu bibit pohon cemara laut di wilayah kawasan konservasi Perairan Daerah Kab. Batang yang di pusatkan di Pantai Sigandu. Bibit pohon ditanam secara simbolis oleh Bupati Batang, Yoyok Riyo Sudibyo Wagbup Sutaji dan Plt. Direktur Kawasan Konservasi Kawasan dan Jenis Ikan Ir. Agus Dermawan M.Si. dan Kepala Bhimasena Power Indonesia (BPI) H Ary wibowo.

Bupati Kab. Batang menyampaikan ucapan terima kasih atas bantuan bibit pohon yang diberikan Pemerintah Pusat melalui Direktorat Konservasi Kawasan dan Jenis Ikan dan Bhimasena Power dalam upaya melestarikan lingkungan Kawasan Konservasi Peraian Kab. Batang khusunya di Pantai Sigandu yang mengalami kerusakan akibat abrasi pantai.

Yoyok Riyo Sudibyo mengatakan “ apakah saya bisa memperbaikinya bahwa disini dulu telah ditaman 10 ribu tanaman yang sudah tumbuh tapi telah hilang akibat abrasi pantai, padahal pantai sigandu merupakan kebanggan masyarakat di Kab. Batang”.

Agus Dermawan memberikan apresiasi kepada Pemkab dan Masyarakat Batang yang mempunyai komiten terhadap perlindungan lingkungan demi kesejahteraan yang berkelanjutan melaui penetapan Kawasan Konservasi Peraiiran Kab.Batang. Kegiatan penanaman mangrove dan cemara laut merupakan kegiatan awal tapi ada proses selanjutnya yaitu aksi nyata dalam merawat dan melindungi Kawasan Konservasi Perairan Kab.Batang.

Bupati juga mengatakan harus ada bantuan program lanjutan kepada Direktur KKJI Ir. Agus Dermawan M.Si untuk ikut serta dalam membantu memperbaiki kawasan pantai di sekitar kawasan konservasi perairan batang yang mengalami kerusakan. selanjutnya dalam paparannya di hadapan elemen masyarakat Kab.Batang Agus Dermawan mengatakan “Kondisi pantai dan perairan di sepanjang pantai pantura khususnya Kab.Batang berbeda cukup jauh dengan kondisi diwilayah timur Indonesia dimana kondisi hutan mangrove dan karang nya masih relative terjaga dengan baik”. karena itu kita harus terus berkomitmen dan bekerjasama dalam menjaga kelestarian perairan Kab Batang demi kesejahteraan masyarakat yang berkelanjutan. Sumber : Teguh (Subdit data dan informasi)

 

 

Anda tidak memiliki akses untuk komentar artikel. Silakan login untuk memberi komentar ...

8363172
Hari ini
Kemarin
Minggu ini
Bulan ini
Bulan lalu
Total
7047
7716
21407
80529
155352
8363172

IP Anda: 18.204.48.40
Waktu Server: 2019-10-15 23:32:05

 

Direktorat Konservasi dan Keanekaragaman Hayati Laut

Direktorat Jenderal Pengelolaan Ruang Laut

Kementerian Kelautan dan Perikanan

________________________________________________________________

 

Gedung Mina Bahari III, Lantai 10

Jl. Medan Merdeka Timur, Nomor 16

Jakarta 10110, Kotak Pos 4130

Telepon : (021) 3522045, Ext. 6104,

Faksimile : (021) 3522045

Email : info.kkji@gmail.com