Data Kawasan Konservasi

Data Kawasan Konservasi

  • Jawa Tengah
  • Tegal
  • Kawasan Konservasi Perairan Karang Jeruk
  • Keputusan Bupati No: 523/448/2010

  • Kawasan Konservasi Perairan Daerah
  • 53,460.00
  • VI
  • 109º 11’ 85”-109º 12’ 15” BT
  • 06º 48’ 75” - 06º 48’ 80”LS.
  • Merah

  • 100 0 0 0 0
  • Jarak Karang Jeruk tegak lurus dari garis pantai adalah 3,0 mil laut sejajar dengan perkampungan nelayan Larangan, Desa Munjungagung, Kecamatan Kramat.

  • images/FotoKawasan/karang-Jeruk.jpg
  • Kabupaten Tegal, adalah salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Tengah. Ibukotanya adalah Slawi, sekitar 14 km sebelah Selatan Kota Tegal. Kabupaten ini berbatasan dengan Kota Tegal dan Laut Jawa di Utara, Kabupaten Pemalang di Timur, Kabupaten Banyumas di Selatan, serta Kabupaten Brebes di Selatan dan Barat. Bagian Utara wilayah Kabupaten Tegal merupakan dataran rendah. Di sebelah selatan merupakan pegunungan, dengan puncaknya Gunung Slamet (3.428 meter), gunung tertinggi di Jawa Tengah. Di perbatasan dengan Kabupaten Pemalang, terdapat rangkaian perbukitan yang tidak terlalu terjal. Di antara sungai besar yang mengalir adalah Kali Gung dan Kali Erang, keduanya bermata air di hulu Gunung Slamet. Kabupaten Tegal terdiri atas 18 kecamatan, yang dibagi lagi atas sejumlah desa dan kelurahan. Pusat pemerintahan berada di Kecamatan Slawi. Slawi dulunya merupakan kota kecamatan, yang kemudian dikembangkan menjadi ibukota kabupaten yang sebelumnya berada di Kota Tegal.
    Secara geografis disebelah utara kabupaten tegal merupakan daerah pesisir yang terumbu karangnya rusak karena adanya penambangan liar, penangkapan menggunakan bahan peledak, pencemaran, sedimentasi, eksploitasi berlebih, pembuangan jangkar kapal di daerah terumbu karang, bencana alam pemangsaan oleh Achantaster plancii maka pemerintah daerah , masyarakat pesisir , dan stakeholder tekait menginisiasi perlu adanya konservasi kawasan perairan untuk melindungi ekosistem terumbu karang. Kerentanan ekosistem terumbu karang dan berbagai ulah manusia terus memaksa terdegradasinya terumbu karang. Kawasan Konservai Perairan diatur dengan sistem zonasi. Pembagian zonasi yang dapat dikembangkan di dalam kawasan konservasi perairan, pesisir dan pulau-pulau kecil, yaitu zona inti, zona perikanan berkelanjutan, zona pemanfaatan dan zona lainnya. Dengan konservasi, masyarakat telah memperoleh manfaat hasil tangkapan lebih baik, sebagai dampak limpahan ikan yang dilindungi pada zona larang ambil. selain itu, berbagai alternatif mata pencaharian juga berkembang dengan meningkatnya pengelolaan kawasan konservasi, seperti pemanfaatan wisata bahari serta berbagai kegiatan pemberdayaan sosial ekonomi masyarakat.

  • Karang Jeruk dalam wilayah administratif Kecamatan Kramat Kabupaten Tegal.
    Rencana Pengelolaan Zonasi Kawasan Konservasi ini telah memiliki zonasi dengan lokasi, koordinat dan rincian sbb :

    Zona Inti : 10,635 ha
    109°11’57,068” – 109°12’16,249” BT
    06°48’34,689” – 06°48’45,240” LS
    Mutlak dilindungi dan tidak boleh terjadi perubahan apapun didalamnya oleh aktivitas manusia. Kegiatan yang diperbolehkan hanya untuk kepentingan ilmu pengetahuan, pendidikan, penelitian, inventarisasi, pemantauan perlindungan dan
    pengamanan.

    Zona Penyangga : 42,825 ha
    109°11’50,560” – 109°12’22,766” BT
    06°48’28,174” – 06°48’51,741” LS
    Zona yang diperuntukan bagi pengamanan zona inti sebagai upaya konservasi. Boleh dilakukan kegiatan penangkapan yang tidak merusak (ramah lingkungan). Tidak
    diperkenankan melakukan kegiatan yang dapat memberikan dampak negatif terhadap zona inti.

    Zona Pemanfaatan
    Lokasi menyebar diluar zona inti (Karang Jeruk dan zona pemanfaatan )
    Zona pemanfaatan perikanan dengan menggunakan peralatan atau sarana prasarana pemanfaatan ramah lingkungan. Penangkapan diperkenankan tanpa batasan waktu
    dan spesies.

  • Secara umum Perairan Karang Jeruk dapat dicapai dengan mudah dari arah Pantai Desa Larangan dengan menggunakan perahu yang banyak disewakan oleh nelayan lokal. Perjalanan menuju Karang Jeruk membutuhkan waktu sekitar 25 menit dari Pantai Desa Larangan.

  • Kondisi suhu perairan Kabupaten Tegal masih dalam kondisi stabil. Kisaran suhu yang diperoleh berdasarkan pengamatan yaitu pada kisaran 30,09º - 32,3ºC. Nilai tersebut masih berada pada kisaran kelayakan sesuai dengan Nilai Baku Mutu suhu perairan dengan
    kisaran antara 25º - 32 º C.

  • Tinggi gelombang di perairan Kabupaten Tegal berkisar antara 0,05-0,45 m dimana kisaran tinggi gelombang 11-15 cm merupakan kisaran tinggi gelombang yang sering terjadi. Keadaan arus di perairan Kabupaten Tegal pada umunya mempunyai kecepatan orde antara 0,01 hingga 0,9 m/detik.
    Berdasarkan data yang diperoleh dari DISHIDROS (2007) kisaran pasang surut di wilayah perairan Kabupaten Tegal berkisar antara 13-103 cm. Hal ini menunjukan bahwa jeda tinnggi pasang surut di wilayah Kabupaten Tegal relatif kecil.

  • Gugusan terumbu karang di Kabupaten Tegal hanya terdapat di daerah Karang Jeruk. Berdasarkan hasil survey lapangan secara keseluruhan. Koloni karang penyusun terumbu karang di perairan Karang Jeruk Kabupaten Tegal umumnya adalah karang massif (CM) dari family Faviidae dengan genus Diploastrea dan dari family Poritiidae dengan Genus Porites. Jenis karang keras lainnya yang ditemukan di Perairan
    Karang Jeruk adalah Simpilia sp. Jenis karang yang paling banyak dijumpai adalah jenis Porites. Ikan karang yang terdapat di Perairan Karang Jeruk Kabupaten Tegal berhasil diidentifikasi 40 ekor ikan karang yang tersusun dari
    4 famili dengan 8 genus. Famili ikan karang yang ditemukan adalah Pomacentridae, Chaetodontidae, Lutjanidae, dan Scaridae. Komunitas ikan karang secara umum didominasi dari family Pomacentridae dengan jenis ikan Caesio dengan kelimpahan sebesar 20 individu disusul oleh Abudefduf sebesar 6 individu. Species Chelmun muelleri dan Lutjanus menempati kelimpahan terendah dengan jumlah satu ekor untuk setiap spesiesnya. Sementara ikan karang yang banyak ditangkap untuk dipasarkan sebagai ikan hias ditemukan yaitu dari jenis Chelmon muelleri.

  • Penduduk di wilayah Kecamatan Kramat pada tahun 2008 sebanyak 92.965 jiwa, terdiri dari 46.465 laki-laki dan 46.509 perempuan. Pada desa pesisir di Kecamatan Kramat jumlah penduduk terbesar ada pada Desa Maribaya dengan jumlah 5.676 jiwa.

  • Masyarakat di sekitar Lokasi KKL Tegal sebagian besar menggantungkan perekonomiannya pada hasil tangkapan ikan dan tambak.

  • Di Perairan Karang Jeruk merupakan tempat yang kaya akan ikan teri. Usaha penangkapan payang jabur di Kabupaten Tegal merupakan salah satu penopang utama perekonomian masyarakat pesisir Tegal dan sebagai penyuplai bahan baku industri pengolahan teri nasi di daerah Pemalang dan Kendal. Produksi ikan teri di perairan Karang Jeruk terdiri dari teri nasi dan teri jawa.

  • Pendekatan konservasi dalam menetapkan KKPD Kab.Tegal diantaranya Pendekatan secara ekologis sehingga dalam pengelolaannya tidak dapat lepas dari keterkaitan ekologis yang terdapat di kawasan tersebut. Pendekatan Keruangan dimana pendekatan berdasarkan kepada studi pemetaan potensi sumberdaya pesisir menggunakan teknik-teknik yang menjadi bagian dari Sistem Informasi Geologi (SIG) dari masing-masing peta tematik yang merupakan representasi dari karakteristik fisik lokasi studi.

  • 1. Wisata Pantai Purwahamba Pantai Purwahamba Indah atau biasa disebut Purin. Ada pula yang menyebutnya Pantai Sosro. Salah satu wisata pantai alternatif yang patut dicoba. Dengan lokasi yang strategis, yaitu di Jalan Pantai Utara (Pantura) Jawa Tengah, membuat tempat wisata ini mudah diakses dari mana saja.
    2. Wisata Pantai Alam Indah (PAI) Setelah penat beraktifitas, yuk kita berwisata di Pantai Alam Indah (PAI) Tegal. Tempat wisata ini
    dekat dengan pusat Kota Tegal. Jadi masih bisa dijangkau dengan kendaraan. Lokasinya pun cukup strategis, karena melalui Jalan
    Pantura.

8626939
Hari ini
Kemarin
Minggu ini
Bulan ini
Bulan lalu
Total
2658
5865
38584
38584
153895
8626939

IP Anda: 3.231.229.89
Waktu Server: 2019-12-07 13:34:03

 

Direktorat Konservasi dan Keanekaragaman Hayati Laut

Direktorat Jenderal Pengelolaan Ruang Laut

Kementerian Kelautan dan Perikanan

________________________________________________________________

 

Gedung Mina Bahari III, Lantai 10

Jl. Medan Merdeka Timur, Nomor 16

Jakarta 10110, Kotak Pos 4130

Telepon : (021) 3522045, Ext. 6104,

Faksimile : (021) 3522045

Email : info.kkji@gmail.com