Data Kawasan Konservasi

Data Kawasan Konservasi

  • Sumatera Utara
  • Serdang Bedagai
  • KKPD Serdang Bedagai
  • SK Bupati Serdang Bedagai No. 97/523/2008. Perda No.12 tahun 2006 tentang Pulau Berhala sebagai kawasan Eco-Marine Tourism

  • Kawasan Konservasi Perairan Daerah
  • 41.70
  • VI
  • 02057’ – 03016’ LS
  • 98033' – 99027’ BT
  • Merah

  • 100 18 0 0 0
  • Kabupaten Serdang Bedagai memiliki Pulau Berhala sebagai based point antara RI-Malaysia, akan tetapi pengelolaannya belum optimal. Berdasarkan ketinggian permukaan wilayah Kabupaten Serdang Bedagai berada pada ketinggian 0 – 500 m dari permukaan laut di Pantai Timur, Sumatera Utara. Panjang Garis Pantai ± 51 km. Kabupaten Serdang Bedagai terdiri dari 17 kecamatan yang diantaranya memiliki wilayah pesisir di 5 kecamatan dengan jumlah 23 desa yaitu Kecamatan Pantai Cermin, Kecamatan Perbaungan, Kecamatan Teluk Mengkudu, Kecamatan Tanjung Beringin, Kecamatan Bandar Khalifah. Kawasan Konservasi Perairan (KKP) adalah wilayah perairan laut termasuk pesisir dan pulau-pulau kecil yang mencakup tumbuhan dan hewan di dalamnya, serta/atau termasuk bukti peninggalan sejarah dan sosial-budaya di bawahnya, yang dilindungi secara hukum atau cara lain yang efektif, baik dengan melindungi seluruh atau sebagian wilayah tersebut, dengan pengaturan zona perlindungan, pelestarian dan pemanfaatan sumberdaya ikan termasuk ekosistemnya.

  • images/FotoKawasan/KKLD-Serdang-Bedagai1.jpg
  • Kabupaten Serdang Bedagai yang ibukotanya berkedudukan di Sei Rampah ini merupakan kabupaten baru hasil pemekaran dari Kabupaten Deli Serdang yang disahkan berdasarkan UU No. 36 tahun 2003.
    Dasar hukum penetapan Kawasan Konservasi Laut Daerah (KKLD) adalah SK Bupati Serdang Bedagai No. 97/523/2008.

  • Secara geografis Kabupaten Serdang Bedagai terletak pada posisi 2º 57' – 3º16' Lintang Selatan, 98º 33' – 99º27' Bujur Timur dengan luas daerah ± 1.900,22 Km2 dengan batas wilayah di sebelah Utara dengan Selat Malaka dan diapit 3 (tiga) daerah Kabupaten di Sumatera Utara.
    - Pulau Berhala Induk luas 40,351 Ha
    - Pulau Sokong Nenek di sebelah timur (menyatu dengan Pulau Berhala saat air surut) Luas 0,645 Ha
    - Pulau Sokong Siembah yang berada di sebelah Barat Pulau Siembah sekitar 0,765 Ha

  • Sarana transportasi yang dapat mencapai wilayah Pulau Berhala adalah sarana transportasi laut. Jika dihitung jarak perjalanan laut dari wilayah daratan Sumatera Utara ke Pulau Berhala sekitar 22 mil dapat dicapai melalui jalur laut dari PPI Tanjung Beringin menggunakan speed boat/kapal laut. Perjalanan dengan speed boat milik Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Serdang Bedagai ditempuh dalam waktu kurang lebih 3,5 - 4 jam dengan kecepatan rata-rata 8 knot. Lamanya perjalanan dipengaruhi oleh adanya pendangkalan di sepanjang sungai Bedagai menuju muara.

  • Kabupaten Serdang Bedagai beriklim tropis dengan kelembapan udara rata-rata 80,75%. Curah hujan per bulan antara 30-343 mm dan periode hujan tertinggi terjadi pada bulan November - Desember. Sementara hari hujan terbesar terjadi pada bulan September - Oktober yang mencapai 28 hari hujan dalam satu bulan. Temperatur udara minimum 24,020C dan maksimum mencapai 32,140C.

  • Kondisi pasang surut di perairan Kabupaten Serdang Bedagai termasuk pasang surut campuran, cenderung bersifat harian ganda (mixed prevailing semi diurnal) dengan 2 kali pasang dan 2 kali surut dalam sehari dengan amplitudo dan periode pasang surut yang berbeda setiap hari. Tinggi pasang maksimum adalah 3 m dengan surut terendah 0,5 m. Suhu perairan berkisar antara 27-300C dengan kecerahan perairan rata-rata 2,8 m. Kecepatan arus berkisar antara 1-3 knot dengan arah arus dari Barat Daya, Timur Laut dan Tenggara.

  • Vegetasi darat dan pantai yang terdapat di Kabupaten Serdang Bedagai umumnya didominasi oleh pohon kelapa (Cocus nucifera), semak dan mangrove. Pohon kelapa banyak dibudidayakan oleh masyarakat, sementara hutan mangrove dapat ditemui mulai dari pantai timur bagian selatan. Beberapa jenis mangrove yang umum dijumpai di Kabupaten Serdang Bedagai adalah bakau (Rhizophora spp), api-api (Avicennia spp), tanjung (Bruguiera spp), tengar (Ceriops spp) dan Nipah (Nypa fructicans). Ekosistem mangrove di Kabupaten Serdang Bedagai merupakan ekosistem yang kompleks dimana banyak organisme laut dan darat yang berasosiasi intensif dengan ekosistem ini, seperti jenis reptil biawak dan ular, ikan, burung, dan crustacea.
    Jenis-jenis karang yang ditemukan di sekitar Pulau Berhala termasuk ke dalam jenis karang keras (hard coral) seperti massive coral dengan penutupan 53%, acropora tabulate 24%, acropora digitata 15%, dan coral branching 7%. Ekosistem Karang di perairan sekitar Pulau Berhala merupakan ekosistem yang kompleks dimana banyak organisme laut yang berasosiasi intensif dengan ekosistem utama pulau ini, seperti penyu hijau (Chelonia mydas) biasanya bertelur pada bulan Mei dan Juni setiap tahunnya di pantai Pulau Berhala. Kehadiran penyu-penyu tersebut menjadi harapan tersendiri bagi kegiatan konservasi dan pengembangbiakan penyu sebagai salah satu fauna yang dilindungi. Oleh karena itu, Pemerintah Daerah Kabupaten Serdang Bedagai telah mengeluarkan Perda No. 12 Tahun 2006 tentang Pengelolaan Pulau Berhala sebagai kawasan wisata bahari berwawasan lingkungan (Eco Mmarine Tourism).
    Beberapa ikan karang konsumsi yang dijumpai adalah jenis ikan kerapu (Chomileptes altivelis, Ephinephelus fuscoguttatus), ikan kakap (Baroci) (Lutjanus decussatus), ikan baronang (Siganus coralinus, S. dolainus), ikan ekor kuning (Caesio kuning), ikan tanda-tanda (Lutjanus Fulvilamma), ikan pari bintik biru (Halichoeris centriquadrus), ikan gitaran (Rhynchobatus djiddesis), ikan pari (Rhinotera javanica), dan beberapa jenis ikan hias.

  • Penduduk Kabupaten Serdang Bedagai tahun 2005 berjumlah 599.151 jiwa dengan 141.413 KK dan kepadatan penduduknya rata-rata 315 jiwa/km2, serta laju pertumbuhan penduduk di Kabupaten Serdang Bedagai per tahun rata-rata sebesar 0,23 %. Adapun beberapa suku yang tinggal di kabupaten ini antara lain Karo, Melayu, Tapanuli, Simalungun, Jawa dan lain-lain (BPS, 2006).
    Sementara itu, pertumbuhan ekonomi Kabupaten Serdang Bedagai pada Tahun 2005 mencapai 5,91 persen dan sektor bangunan merupakan sektor ekonomi yang mengalami pertumbuhan paling besar yaitu 18,12 persen. Berdasarkan harga konstan tahun 2000, sektor pertanian menjadi penyumbang terbesar terhadap PDRB dari tahun 2004-2005. Dari total PDRB sebesar 3.379,77 milar pada tahun 2005, sektor pertanian menyumbang 1.441,77 milyar diikuti sektor industri 663,94 milyar dan sektor perdagangan dengan kontribusi 556,18 milyar. Selain itu, berdasarkan hasil SUSENAS tingkat kemiskinan di Kabupaten Serdang Bedagai menurun dari 21,89 % pada tahun 2004 menjadi 12,34 % pada tahun 2005 dengan tingkat pengangguran pada tahun 2005 mencapai 7,42 %.

  • Kabupaten Serdang Bedagai mempunyai pesisir pantai yang cukup panjang, sekitar 95 km yang mencakup lima kecamatan yaitu Kecamatan Pantai Cermin, Kecamatan Perbaungan, Kecamatan Teluk Mengkudu, Kecamatan Tanjung Beringin dan Kecamatan Bandar Khalifah. Dengan kondisi tersebut maka tidak heran apabila banyak penduduk berprofesi sebagai nelayan. Namun demikian, kegiatan perikanan tangkapnya masih didominasi oleh penangkapan skala kecil dengan menggunakan alat tangkap purse seine, gillnet, trammel net dan pancing. Hal ini dibuktikan data tahun 2007, dimana secara keseluruhan, armada kapal penangkapan ikan di Kabupaten Serdang Bedagai berjumlah 1.898 unit, yang terdiri atas kapal motor sebanyak 1.507 unit, dan perahu tanpa motor sebanyak 391 unit. Untuk kapal motor, masih didominasi oleh kapal motor berukuran 3-5 GT sebanyak 798 unit, kurang dari 3 GT 565 unit, 6-9 GT sebanyak 120 unit dan 24 unit kapal berukuran 10-20 GT.

  • Produksi sektor perikanan tangkap di Kabupaten Sedang Bedagai dalam kurun waktu tiga tahun terakhir mengalami trend penurunan. Produksi terbesar dicapai pada tahun 2004 yaitu sebesar 25.312 ton dan produksi pada tahun 2006 mengalami penurunan hingga 14%. Selain potensi perikanan laut, Kabupaten Serdang Bedagai juga memiliki potensi areal tambak yang cukup luas dan perairan umum berupa waduk, sungai dan rawa. Ada sekitar 4.500 ha potensi budidaya air payau tersebar di beberapa kecamatan, yang dimanfaatkan sampai saat ini sekitar 892 ha dengan produksi budidaya air payau hanya mencapai 1.132 ton.
    Jenis ikan produksi perikanan laut Kabupaten Serdang Bedagai terdiri atas ikan manyung, sebelah, selar, layang sunglir, tetengkek, bawal hitam, bawal putih, kakap putih, golok-golok, kerapu, cumi-cumi, sotong dan jenis udang-udangan.

  • Pesona Pulau Berhala semakin lengkap dengan hadirnya penyu untuk bertelur di pantai pulau ini. Kehadiran penyu-penyu tersebut menjadi harapan tersendiri bagi kegiatan konservasi dan pengembangbiakan penyu sebagai salah satu fauna yang dilindungi. Akan tetapi akhir-akhir ini perubahan habitat penyu, terutama semakin banyaknya sampah plastik yang bertebaran di sudut-sudut pulau mendatangkan ancaman bagi kelestarian penyu. Selain itu kehadiran pemburu telur penyu juga menjadi ancaman serius bagi kelestarian penyu di Pulau Berhala. Berdasarkan hal tersebut Pemerintah Daerah Kabupaten Serdang Bedagai telah mengeluarkan Perda No. 12 tahun 2006 tentang pengelolaan Pulau Berhala sebagai kawasan wisata bahari berwawasan lingkungan (Eco Mmarine Tourism).

  • Kabupaten Serdang Bedagai memiliki lokasi wisata yaang cukup banyak dan tersebar di hampir semua kecamatan. Pengelolaan tempat wisata bukan hanya melibatkan pemerintah daerah tetapi juga pihak investor antara lain dari negara tetangga Malaysia yang saat ini mengelola Theme Park yang berada di Kecamatan Pantai Cermin. Beberapa fasilitas yang dapat dinikmati antara lain kolam renang, jet ski, seluncur air, kayak, speed boat, banana boat atau lazy pool. Selain itu ada juga mini zoo (taman hewan) yang berisikan berbagai jenis hewan. Beberapa hewan yang ada diantaranya burung Merak, Kakatua hitam, Parrot, dan berbagai jenis burung lainnya. Kawasan wisata Theme Park juga telah dilengkapi dengan fasilitas penginapan dengan kondisi yang menawan dan harga yang terjangkau. Selain mengelola kawasan wisata Pantai Cermin, pihak Theme Park juga menyediakan jasa pelayanan wisata ke Pulau Berhala.
    Kawasan wisata lain yang menjadi andalan Kabupaten Serdang Bedagai antara lain Kampung Bali yang berada di Desa Pegajahan sekitar 12 km dari Kecamatan Perbaungan yang merupakan pusat pengrajin industri kecil yang sebagian besar berasal dari Bali. Selain itu Kabupaten yang berslogan "Tanah Bertuah Negeri Beradat" ini juga memiliki potensi wisata alam yang sangat menarik antara lain air terjun Sampuran di Kecamatan Dolok Merawan, pantai Gudang Garam, pantai Sialang Buah di Teluk Mengkudu, pantai Pondok Permai dan pantai Kuala Puteri di pantai Cermin dan tempat wisata lainnya yang sangat menarik untuk dikunjungi.

8626921
Hari ini
Kemarin
Minggu ini
Bulan ini
Bulan lalu
Total
2640
5865
38566
38566
153895
8626921

IP Anda: 3.231.229.89
Waktu Server: 2019-12-07 13:32:48

 

Direktorat Konservasi dan Keanekaragaman Hayati Laut

Direktorat Jenderal Pengelolaan Ruang Laut

Kementerian Kelautan dan Perikanan

________________________________________________________________

 

Gedung Mina Bahari III, Lantai 10

Jl. Medan Merdeka Timur, Nomor 16

Jakarta 10110, Kotak Pos 4130

Telepon : (021) 3522045, Ext. 6104,

Faksimile : (021) 3522045

Email : info.kkji@gmail.com